Profil Pesantren & Perguruan Darut Taqwa

Pesantren & Perguruan Darut Taqwa adalah sebuah yayasan pendidikan Islam yang secara intens dan konsisten berkomitmen mendidik dan mengajarkan keilmuan Islam serta membina akhlak Islami anak bangsa. Pesantren ini didirikan pada tahun 1952 oleh Kyai Madchan bin Abdul Mannan (Alm) atas dasar permintaan dari para santri yang banyak menimba ilmu kepada beliau. Saat ini Pesantren Perguruan Darut Taqwa menaungi beberapa lembaga pendidikan, yaitu Pondok Pesantren Darut Taqwa, MTs & MA Darut Taqwa, serta Majlis Thareqah.

PP. Darut Taqwa sendiri berlokasi di Jl. Kolonel Sugiono III/6 Purwodadi Kab. Grobogan, cukup strategis dan mudah dijangkau karena letaknya di pusat kota yang berada tak jauh dari Pasar Umum Purwodadi dan alun-alun kota Purwodadi. Kyai Madchan mendirikan pesantren ini dengan suasana  kondisi social-keagamaan yang pada saat itu “amburadul” yang mana akhlak (moralitas) masyarakat sangat memprihatinkan. Di sisi lain keadaan politik-ekonomi pada saat itu masih sangat tidak stabil yang dikarenakan keberadaan (sekaligus pengaruh) Pejajah dari bangsa ini belum sepenuhnya hilang.

Kyai Madchan adalah salah satu tokoh penyebar agama Islam di Purwodadi dan sekitarnya juga sebagai Mursyid Thoreqoh dan pengembang Thoreqoh Qodiriyah Naqsyabandiyah Jawa Tengah hingga sampai wilayah Jogjakarta. Kyai Madchan meninggal pada tanggal 26 Muharram 1397 H atau tahun 1977 M dengan diiringi duka seluruh masyarakat Purwodadi karena kehilangan ulama sepuh yang gigih berjuang di jalan Allah. Peninggalan yang bisa dilihat sampai sekarang antara lain Pondok Pesantren Darut Taqwa, MTs dan MA Darut Taqwa serta majlis Thoreqoh Qodiriyah Naqsyabandiyah.

Sepeninggal Kyai Madchan, kepemimpinan diteruskan oleh putra sulung beliau yakni KH.Ahmad Qomaruddin Madchan (Alm). Pada masa ini PP. Darut Taqwa mengalami banyak perkembangan dan kemajuan. Disamping meneruskan dan mengembanngkan pendidikan salaf dan pendidikan formal yang telah dirintis oleh abahnya, beliau juga merintis usaha ekonomi pesantren dengan mendirikan Koperasi pondok pesantren, mengadakan latihan-latihan ketrampilan seperti pertukangan, perbengkelan, menjahit, las dan elektronika. Disamping itu beliau juga mendirikan Panti Asuhan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pada anak yatim-piatu, dhu’afa dan masakin serta membentuk pencak silat Pagar Nusa.
Dalam rangka memperkenalkan pesantren ini ke luar daerah, pada tahun 1984 beliau membentuk group Marching Band Darut Taqwa sampai membawa harum nama kabupaten Grobogan atas prrestasi juara 1 Display marching band se-Jawa Tengah, dilanjutkan berhasil tampil di istana merdeka Jakarta pada tahun 1989, Di istana Jogjakarta setahun kemudian.

KH.Ahmad Qomaruddin Madchan akhirnya dipanggil oleh Yang maha Berkehendak pada Januari 2001. Selanjutnya tampuk pondok diserahkan kepada Kyai Ahmad Mudjahiddin Madchan yang merupakan satu-satunya adik laki-laki dari KH. Ahmad Qomaruddin Madchan. Ada beberapa perubahan yang dilakukan beliau pada pesantren ini yakni diantaranya adalah penutupan Panti Asuhan dan koperasi pondok yang telah dirintis sebelumnya berdasarkan alasan-alasan tertentu untuk menjaga kemurnian ensensi dari dibangunnya PP. Daarut Taqwa sendiri yang bergerak dibidang pendidikan Islam. Hingga kini PP. Darut Taqwa di bawah asuhan Kyai Ahmad Mujahiddin terus menggeliat dan berkembang dengan meneruskan dan mengembangkan program yang telah ada. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan lahir bahin dan ridho-Nya kepada beliau bersama keluarga besar PP. Darut Taqwa sehingga mampu membawa generasi Darut Taqwa berkualitas di dunia dan akherat.

Iklan

4 tanggapan untuk “Profil Pesantren & Perguruan Darut Taqwa”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s